Rabu, 15 September 2010

KEDUK BEJI TAWUN NGAWI


KEDUK BEJI TAWUN KABUPATEN NGAWI
         DI MERIYAHKAN KECETAN DALAM TUK

WARTA NGAWI. Bersih Desa Tawun Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi atau yang lebih di kenal dengan KEDUK BEJI TAWUN, di rayakan berdekatan dengan hari Raya Idul Fitri (14/9/2010). Kontan Banyak warga Masyarakat luar Tawun yang berdatangan hannya untuk melihat KEDUK BEJI TAWUN. Acara di Pimpin langsung oleh Kades Tawun Suryo Wirawan, S.Pd. Di hadiri juga Bupati Ngawi Ir.H.Budi Sulistyono beserta rombongan, dan warga masyarakat Tawun itu sendiri.
     “KEDUK BEJI TAWUN ini terselenggara secara rutin tiap-tiap tahun dan turun temurun. Bertepatan hari selasa Kliwon setelah panen raya desa.”kata kades Tawun.
     Menurut Sesepuh Desa Tawun atau yang disebut Mbah Kamituwo Tawun, prosesi diawali dengan Tayup atau Gamyong, disaat Gamelan Tayup berkumandang Ki Juru silem, membersihkan Tuk atau Sendang Tawun, dan di ikuti banyak Pemuda yang bersihkan area Sendang sambil KECETAN atau saling memukul tubuh temannya. Untuk selanjutnya di persiapkan Panggang Kambing, Gunungan Dua yang terkandung maksud Laki –laki dan Perempuan, buat Selamatan.”terang sesepuh Tawun Mbah Wo.
     Dan telah menjadi Mitos, siapa yang mendapatkan dalam perebutan Gunungan akan mendapatkan berkah dan keslamatan Tahun kedepannya. (agushonk).
















Tidak ada komentar: